berbagai upacara adat dan tradisi yang ada di Indonesia

Blog Viewer

Wisata Pemandian Banyu Biru Ditemani Ikan Kramat


Kabupaten Pasuruan memang sedikit yang terekspos. Keindahan alam di Kabupaten Pasuruan juga tidak kalah dengan objek wisata yang lain, salah satunya adalah Pemandian Banyu Biru. Pemandian Banyu Biru dengan ribuan ikan kramat ini bermula dari petirtaan para Raja di akhir masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Dalam area pemandian ini juga terdapat arca-arca peninggalan Kerajaan Majapahit. Bagi yang penasaran, bisa mencatat jadwal Pemandian Banyu Biru ini :

Nama Wisata : Pemandian Banyu Biru
Desa               : Sumberejo
Kecamatan     : Winongan
Kabupaten      : Pasuruan
Provinsi          : Jawa Timur
Pukul              : 07:00 s/d 16:00 WIB
Hari                : Setiap Hari
Tiket               : Rp.5.000,-



Gambar Petirtaan Banyu Biru dengan Ribuan Ikan Kramat Kabupaten Pasuruan


Bagi yang ingin melepas penat dan mencari sensasi baru, pemandian Banyu Biru ini merupakan pilihan yang tepat. Pemandian Banyu Biru memiliki ciri khas yaitu berenang dengan ikan berukuran kecil hingga berukuran 1,5 meter. Ikan tersebut berjumlah ribuan dan sangat akrab dengan manusia. Ikan-ikan tersebut hanya memakan lumut dan biji jagung yang masuk ke dalam petirtaan. Sumber air dari petirtaan ini berasal dari mata air alami yang keluar dari perakaran pohon di sebelah utara petirtaan. Kedalaman petirtaan ini mencapai +- 2 meter dan cocok untuk yang bisa berenang. Jika masih belajar berenang, terdapat kolam 1 meter di sebelah barat petirtaan. Kolam 1 meter ini juga merupakan petirtaan alami namun sumber air berasal dari petirtaan utama. Pemerintah Kabupaten Pasuruan telah mengembangkan objek wisata ini dengan membuat kolam buatan di utara petirtaan. Bagi yang ingin menyaksikan lomba renang atau bosan dengan yang natural bisa menikmati kolam buatan ini dengan kedalaman kolam renang pertama yaitu 2-3 meter dan kolam renang kedua yaitu 1 meter.


Ritual Keagamaan dan Situs Peninggalan Kerajaan Majapahit

Pemandian Banyu Biru yang merupakan petirtaan para Raja Kerajaan Majapahit ini terbukti dengan adanya situs berupa arca-arca candi. Arca-arca candi dan situs lainnya yang ditemukan yaitu ;
1) Prasasti Berbahasa Jawa Tahun 1847
2) Patung Batara Siwa dengan Senjata Trisula
3) Patung Ganesha
4) Patung Dua Naga Saling Berbelit
5) Reruntuhan Arca-Arca Lainnya
6) Dokumen Bahasa Belanda Berupa Dua Volkaring Tahun 1921 dari Pemerintah Kab. Pasuruan 

Sedangkan untuk ritual keagamaan di Banyu Biru dilakukan oleh Umat Hindu dari Bali. Ritual keagamaan yang dilakukan yaitu Ritual Hari Raya Kuningan.


Hal Mistis Pemandian Banyu Biru

Yang menjadi daya tarik wisatawan selain menjadi objek wisata alam adalah hal mistis yang terjadi di masyarakat. Ingat bahwa ikan yang berenang di pemandian ini adalah bekas petirtaan para raja di Kerajaan Majapahit. Sehingga banyak kejadian yang terjadi ketika ikan kramat ini diambil oleh masyarakat sebagai koleksi di rumah mereka. Tetapi hal yang tidak-tidak selalu terjadi ketika membawa ikan kramat ini, seperti selalu bermimpi buruk atau mengalami kecelakaan di tengah perjalanan ke rumah. Ikan kramat ini memiliki tiga nama yaitu Ikan Tombro, Ikan Sengkaring, atau Ikan Dewa. Jumlah ikan-ikan yang berenang di pemandian Banyu Biru diceritakan tidak berkurang dan tidak bertambah sejak dijadikan petirtaan para Raja. Walaupun begitu, ribuan ikan-ikan dewa tidak merasa terganggu ketika berenang bersama manusia dan tidak agresif pada manusia sama sekali. Kepercayaan masyarakat setempat yakni air Pemandian Banyu Biru dipercaya menjadi obat untuk penyakit kulit dan penyakit ringan lainnya.


Objek wisata alami dan bersejarah ini merupakan daya tarik yang unik dan khas dari Kabupaten Pasuruan. Hingga wisatawan mancanegara tidak kalah untuk datang ke pemandian alami ini serta ingin mengabadikan objek wisata ini. Objek wisata ini terbilang sangat murah, alami, dan penuh sejarah.


Jika merasa tertarik, silahkan berlibur ke Pemandian Banyu Biru yang merupakan Petirtaan Para Raja Kerajaan Majapahit ini.  TERIMA KASIH ...
Share:

0 comments:

About Me

My photo
semua konten blog-blog yang saya publis adalah 100% lulus uji konten dari berbagai Duplicate Checker, terima kasih ........ My Contacts : Instagram : @suhendravebrianto ,, Twitter : @suhendravebrian

SUBSCRIBE MY YOUTUBE CHANNEL

-------- SUBSCRIBE untuk mendapatkan tutorial Adobe Photoshop dan After Effect yang super keren.

Translate

Labels