berbagai upacara adat dan tradisi yang ada di Indonesia

Blog Viewer

Upacara Adat Kasada di Jawa Timur

Upacara Adat Kasada secara;
Sebutan  : Hari Raya Yadnya Kasada
Istilah    :  Ritual keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat Tengger yang beragama Hindu untuk persemabahan atau sesajen untuk Sang Hyang Widhi dan para leluhur menurut kepercayaan masyarakat Tengger.

jadwal pelaksanaan upacara adat kasada dilakukan pada;

Tanggal      :  14 Bulan Kasada (Kalender Jawa)
Lokasi        :  Pura Luhur Ponten Bromo Ngadisari
Tempat       :  Puncak Gunung Bromo
Kabupaten :  Pasuruan
Provinsi     :  Jawa Timur


image via google.com
Gambar Upacara Adat Kasada Gunung Bromo 



Asal Usul 

Upacara Adat Kasada bermula dari kisah Rara Anteng dan Jaka Seger yang tidak dikaruniai seorang anak satupun. Nama Suku Tengger bersala dari nama Rara An-TENG dan Jaka Se-GER yang digabung. Dalam kisahnya diceritakan bahwa Rara Anteng  dan Jaka Seger membangun pemukiman dan menjadi pemimpin di daerahnya. Hingga mereka berdua bersemedi di puncak gunung bromo dan mendengar suara ghaib bahwa mereka akan dikaruniai keturunan namun dengan syarat anak bungsu arus dikorbankan ke dalam kawah Gunung Bromo. Hingga suatu hari, mereka dikaruniai 25 orang anak. Anak bungsu mereka adalah Kesuma. Atas rasa sayang mereka terhadap Kesuma, mereka mengingkari janji mereka pada Sang Hyang Widhi. Sehingga menurut kepercayaan masyarakat Tengger, Sang Hyang Widhi marah dengan membuat malapetaka yaitu Gunung Bromo meletus dan menimbulkan awan gelap di langit. Mengetahui sejarah Rara Anteng dan Jaka Seger, Kesuma mengorbankan dirinya ke awan gelap Gunung Bromo. Seketika itu, langit dan Gunung Bromo kembali normal. Atas dasar inilah dibuatnya sebuah Pura Luhur Ponten di lautan pasir sebagai simbol semedi Rara Anteng dan Jaka Seger lalu dilaksanakannya Upacara Adat Kasada sebagai simbol keberanian Kesuma mengorbankan dirinya demi 24 saudaranya dan kedua orang tuanya.


Prosesi Upacara Adat

H - 1 Minggu :
Sebelum Upacara Adat Kasada dilaksanakan, masyarakat Tengger menyiapkan hasil panen dan ternak mereka dan menyiapkan wadah untuk hasil panen bumi mereka dalam wadah bernama ongkek. Dalam menjelang hari pelaksanaan, masyarakat setempat juga menyiapkan calon pemimpin Tengger yang ahli dalam hal kebatinan sebagai pemimpin yang baru. Di samping itu, terdapat calon sendratari sebagai pengiring upacara adat kasada.

Hari Pelaksanaan - Pagi Hari :
Masyarakat Tengger membawa hasil panen dalam wadah bernama ongkek ke kawah Gunung Bromo. Bersamaan dengan itu, calon ahli kebatinan menyiapkan doa-doa dalam kepercayaan agama Hindu agar hasil panen mereka tetap melimpah di tahun berikutnya. Proses penyerahan ongkek ini membutuhkan waktu lama sehingga prosesi upacara dilanjutkan di malam hari. Penyerahan ongkek ini diiringi dengan sendratari dan upacara Sukasada di Pura Luhur Ponten sebagai bentuk representasi dari masa kehidupan Rara Anteng dan Jaka Seger.

Hari Pelaksanaan - Malam Hari :
Di malam hari dilakukan ritual puncak Kasada, yaitu ritual ini dipimpin oleh calon ahli kebatinan kepercayaan Hindu Tengger dengan dikorbankannya seluruh ongkek di Punden Cemara Lawan dan dilemparkan ke dalam kawah Gunung Bromo sebagai puncak upacara adat Kasada.


Keterangan :

TENGGER             :  rara an-TENG dan jaka seGER
Pura Luhur Ponten :  simbol semedi Rara Anteng dan Jaka Seger
Kasada                    :  rasa syukur hasil panen dan pengorbanan Kesuma




TERIMA KASIH ...
Share:

0 comments:

About Me

My photo
semua konten blog-blog yang saya publis adalah 100% lulus uji konten dari berbagai Duplicate Checker, terima kasih ........ My Contacts : Instagram : @suhendravebrianto ,, Twitter : @suhendravebrian

SUBSCRIBE MY YOUTUBE CHANNEL

-------- SUBSCRIBE untuk mendapatkan tutorial Adobe Photoshop dan After Effect yang super keren.

Translate

Labels